Iklan

terkini

Warga Berharap TPS 3 R Desa Pulosari di Manfaatkan

Redaksi Gapta Cyber
10/16/24, 20:45 WIB Viewer Today Last Updated 2024-10-16T13:45:05Z

 


KABUPATEN BANDUNG | MEDIA - GAPTA CYBER.COMT - TPS 3 R (Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle) di Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Propinsi Jawa Barat.


Terbengkalai dan belum berfungsi sebagaimana mestinya padahal di bangun mengunakan uang negara sebesar 600 juta pada tahun 2020.


Ketidakjelasan pengelolaan TPS 3 R dan  tumpukan sampah  menunjukkan  perlu  ada  solusi  dan  tindak lanjut yang  konkret,  baik Pemdes  Pulosari  agar  TPS 3 R  dapat  bermanfaat  bagi  masyarakat  dan  lingkungan  tetap  terjaga.


Hal ini menimbulkan kekecewaan di  kalangan  warga  yang berharap bangunan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.


Untuk sementara TPS tersebut di duga di gunakan untuk   kepentingan pribadi seperti menyimpan berak pertanian, kayu bakar dan lain - lainnya.


"Saya berharap TPS 3 R ini dapat dimanfaatkan jadi gedung serbaguna, misalnya untuk acara pernikahan,  atau setidaknya  difungsikan untuk mengelola sampah," ujar seorang warga kampung Kiarasaning Desa Pulosari yang enggan disebutkan namanya.


"Yang penting bangunan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat.  Dulu, lahan ini merupakan lapangan voli milik warga dan katanya akan diganti. 


Tapi sampai sekarang,  penggantian lapangan voli yang dikelola karang taruna  belum terwujud," imbuhnya.


Mamat, Sekretaris Desa (Sekdes) Pulosari, membenarkan bahwa  TPS 3R  tidak berfungsi.  "Kami  Pemdes  berinisiatif membentuk pengurus baru untuk mengelola TPS 3R," ujar Mamat. 


"Tapi sampai sekarang belum ada tindak lanjut  dari pengurus baru.  Kami akan segera berkoordinasi dengan mereka."


Mamat  menambahkan, "Saya tidak mengetahui detail  tentang pembangunan TPS 3 R  dan anggarannya  karena  saat itu  saya  belum bertugas di Desa."


Mamat juga membenarkan bahwa lahan tersebut dulunya adalah lapangan voli yang digunakan oleh warga.  "Sayang sekali jika TPS 3 R  tidak difungsikan," kata Mamat. 


"Warga RW 14 yang kebetulan  dekat dengan TPS 3R  pernah datang ke desa menanyakan kapan ada lapangan voli lagi. 


Kami dari pihak Desa hanya mengusahakan saja, belum bisa menjanjikan." kata Mamat.


Terkait  tumpukan sampah  di dekat kantor Desa, Mamat menjelaskan bahwa itu merupakan  sampah  buangan  warga  sekitar. 


"Kami  sudah menghimbau warga untuk  tidak membuang sampah di sini  lagi,  sebab  akan mencemari lingkungan," tegas Mamat. Sampai berita ini tayang yang lainnya belum bisa di temui.


(Ayi Supriatna)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Berharap TPS 3 R Desa Pulosari di Manfaatkan

Terkini

Iklan