Iklan

terkini

SEJARAH DAN MAKNA HARI PERS SEDUNIA. Ditulis oleh : Demak MP Panjaitan/Pance

Staff Redaksi GAPTA Cyber
5/03/24, 20:39 WIB Viewer Today Last Updated 2024-06-27T07:26:45Z

Tapteng, Gaptacyber.com - Deklarasi ini menyoroti pentingnya kebebasan pers sebagai salah satu Pilar Demokrasi yang kokoh. 


Sejak saat itu, setiap tanggal 3 Mei menjadi momen untuk menghargai dan mengevaluasi kebebasan pers di seluruh dunia.


HARI KEBEBASAN PERS SEDUNIA 2024. TEMA HINGGA SEJARAH PERINGATAN.


Hari Kebebasan Pers Sedunia (HKPS) atau World Press Freedom Day 2024 diperingati pada tanggal 3 Mei 2024. 


HKPS didedikasikan untuk pentingnya Jurnalisme dan kebebasan berekspresi dalam konteks krisis lingkungan global saat ini.


Tema HKPS 2024 dilansir situs UNESCO, mengangkat tema "A Press for the Planet: Journalism in the face of the Environmental Crisis" yang artinya "Pers untuk Planet: Jurnalisme dalam menghadapi Krisis Lingkungan".


Tanggal 2 dan 4 Mei 2024, Chili dan UNESCO akan menjadi tuan rumah Konferensi HKPS ke-31. Konferensi global HKPS 2024 akan dilaksanakan di Centro Cultural Gabriela Mistral, Santigo, Chili.


Makna HKPS 2024 adalah peringatan ke-31 tahun. Oleh karena itu, peran Jurnalis sangatlah penting. Melalui kerja keras mereka, keberanian mereka, dan ketekunan mereka, kita dapat mengetahui apa yang terjadi di seluruh planet ini.


Mereka bekerja di garis depan demi kesehatan planet kita dan perjuangan kita untuk kehidupan yang layak huni. 


Pada HKPS ini, mari kita hargai dan merayakan upaya mereka dalam membantu kita membentuk masa depan yang lebih baik.


Sejarah HKPS dilansir situs National Today, HKPS berawal dari tahun 1991, di mana sekelompok jurnalis Afrika mengajukan banding pada konferensi UNESCO yang diadakan di ibu kota Namibia, Windhoek. 


Mereka menciptakan "Deklarasi Windhoek", sebuah dokumen yang dimaksudkan untuk meletakkan dasar bagi pers yang bebas, independen, dan pluralis.


Tahun 1993, sesi ke-26 Konferensi Umum UNESCO menanggapi seruan para penandatangan Deklarasi Windhoek dan mendirikan HKPS.


Menurut situs PBB, HKPS  diproklamasikan oleh Majelis Umum PBB pada Desember 1993, mengikuti rekomendasi Konferensi Umum UNESCO. Sejak itu, 3 Mei diperingati sebagai HKPS.


Prinsip utama yang dikembangkan oleh UNESCO untuk HKPS adalah kebebasan pers dan berekspresi untuk memungkinkan komunikasi berdasarkan saling pengertian, yang merupakan satu-satunya cara untuk membangun perdamaian yang berkelanjutan dalam masyarakat. (Red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • SEJARAH DAN MAKNA HARI PERS SEDUNIA. Ditulis oleh : Demak MP Panjaitan/Pance

Terkini

Iklan