Iklan

terkini

Poktan Dapat Bantuan Alsintan dan Benih Padi, Pj. Bupati Tapteng Titip Salam

Staff Redaksi GAPTA Cyber
5/31/24, 14:12 WIB Viewer Today Last Updated 2024-06-27T07:26:45Z

Tapteng, Gaptacyber.com - Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapanuli Tengah (Tapteng) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Dr. Erwin Hotmansah Harahap, S.STP., M.M., serahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan Benih Padi kepada Kelompok Tani (Koptan).


Penyerahan bantuan digelar di Kantor Dinas Pertanian dan Peternakan Tapteng Rabu (29/05/2024).


Dengan dihadiri  mewakili dari Kodim0211/TT. Para pejabat dari Dinas Pertanian Tapteng, Petugas Penyuluh Pertanian Kelompok Tani penerima Bantuan.


Erwin, dalam sambutannya,  titip salam dari Pj Bupati Tapteng Dr. Sugeng Riyanta, SH, MH kepada kita semua. ujarnya.


Lebih lanjut Erwin: "Tapteng mempunyai luas lahan sawah 13.877 HA, dengan produktivitas padi 4.58 Ton/Ha, Gabah Kering Giling ( GKG) dengan jumlah kelompok tani sebanyak 762 Kelompok, dengan jumlah penyuluh Pertanian sebanyak 60 orang tersebar di 20 Kecamatan". sambungnya.


Melihat potensi ini, perlu upaya dan strategi dilakukan oleh Pemerintah Daerah baik Pemerintah pusat untuk meningkatkan produktivitas pada lahan pertanian.ungkapnya.


Langkah yang perlu dilakukan dalam upaya mempertahankan swasembada pangan, pengelolaan lahan, penggunaan benih unggul, pemupukan berimbang, penanaman jajar Legowo, pengendalian hama dan penyakit, penggunaan alsintan serta peningkatan ketersediaan air melalui pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi dan pompanisasi. jelasnya.


Bentuk kepedulian Pemerintah adalah pemberian Alsintan dan benih padi pada kelompok tani. urainya.


Pada hari ini kita serah terimakan berupa Pompa air tujuh unit merupakan alat pertanian yang digunakan dalam proses pengairan lahan sawah dan pemberian benih padi sawah 25.000 kg kepada 73 Koptan. katanya 


Selain alsintan juga diserahkan secara simbolis pada Tahun 2024 ini, yaitu bantuan APBD Provinsi Sumatera Utara kepada Koptan berupa bantuan benih padi Inbrida sebanyak 2.500 kg 


Kepada empat Koptan bantuan benih jagung sebanyak 450 kg.


Kepada empat Koptan bantuan bibit durian sebanyak 1.000 batang dan 10.000 kg pupuk organik seluas 10 HA.


"Bantuan penangkar benih padi sawah berupa benih padi 625 kg terpal biru dua lembar dan obat-obat 25 botol seluas 25 HA.


Dengan bantuan alat pompanisasi dan penyerahan benih padi sawah ini petani di Tapteng diharapkan mampu meningkatkan produktivitas pertanian di Tapteng,


Perlu kami sampaikan bahwa bantuan Alsintan pompa air ini bersumber dari APBN, tidak mudah untuk mendapatkannya memerlukan usaha dan perjuangan untuk memperoleh kepercayaan Pemerintah Pusat dan Provinsi sehingga bantuan ini diberikan kepada masyarakat Tapteng. imbuhnya.


Bantuan ini tentunya harus kita syukuri, Saya juga anak petani salak berharap kepada bapak ibu kelompok tani kiranya bantuan ini dapat dimanfaatkan dan dirawat agar umur ekonomisnya dapat bertahan lama dan bantuan ini bermanfaat bagi kita semua.tandasnya.


Sementara itu Plt Kadis Pertanian Tapteng Nurhalimah Hutagalung S.TP menyampaikan, bantuan Alsintan yang diserahkan kepada Koptan yaitu berupa pompa air dan benih padi,


Koptan penerima bantuan Alsintan diantaranya, 

01. Koptan Tunas Baru Ketua kelompok Ardiyansyah Pohan dari Desa Sorkam Kiri Kecamatan Sorkam satu pompa air, 


02. Koptan Sumber Harapan Ketua kelompok Subban Jamil dari Desa Sorkam tengah Kecamatan Sorkam satu pompa air, 


03. Koptan Serangkai Ketua Kelompok Ali Mansur Maturidi Desa Bottot Kecamatan Sorkam satu pompa air. 


04. Koptan Sepakat Ketua Kelompok Saprijal Tanjung dari Desa Teluk Roban Kecamatan Sorkam, satu pompa air, 


95. Kelompok Matahari Ketua Kelompok Hotler Simanjuntak dari Desa Hiteurat Kecamatan Sorkam satu pompa air, 


06. Kelompok Sinar Ketua Kelompok Indra Syaputra Nainggolan dari Desa Pananggalan Kecamatan Sorkam satu pompa air, 


07. Kelompok Indah Sejati Ketua kelompok Dismon Marbun dari Desa Lumut Kecamatan Lumut satu pompa air. (Raiynhard M Panjaitan)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Poktan Dapat Bantuan Alsintan dan Benih Padi, Pj. Bupati Tapteng Titip Salam

Terkini

Iklan