Iklan

terkini

Tanggal 20 April Hari Lahirnya Taman Mini Indonesia Indah Ke-49

Staff Redaksi GAPTA Cyber
4/20/24, 19:29 WIB Viewer Today Last Updated 2024-06-27T07:26:45Z

Jakarta. Gaptacyber.com - TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975. Setiap anjungan daerah memiliki rumah adat, benda-benda budaya, pakaian tradisional, tarian, dan tradisi daerah masing-masing. TMII secara resmi diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1975 dengan nama Taman Mini "Indonesia Indah".


Pada Sabtu (20/04/2024)  merupakan tanggal diresmikannya TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII), 


Diperingati setiap tahunnya sebagai hari  lahirnya miniatur Indonesia. Di tahun 2024 TMII udah memasuki usianya yang ke-49 sejak kali pertama diresmikan pada tahun 1975 silam. 


Gagasan pembangunan TMII ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto beberapa tahun sebelum diresmikan. 


Hingga saat ini TMII merupakan salah satu Destinasi Wisata favorit dan menjadi kawasan pelestarian dan pengembangan budaya bangsa. 


Keragaman Provinsi-provinsi yang ada di Indonesia dikemas dalam bentuk miniatur Kepulauan Nusantara dengan tampilan nuansa seni kulturalnya masing-masing di lahan seluas 150 ha di area Jakarta Timur.


Memperingati hari lahirnya, TMII  menyuguhkan berbagai kegiatan bernuansa budaya bangsa Indonesia.


Salah satu yang turut mendukung semaraknya acara peringatan hari lahir TMII adalah dari Anjungan Sumatera Utara. (Sumut).


Salah seorang pegiat seni dan budaya Sumut M. Berutu kepada GAPTA CYBER COM dan GAPTA TV Sabtu (20/04/2024) memaparkan tentang kegiatan yang akan disuguhkan oleh Anjungan Sumut salah satunya adalah seni tari. 


Anjungan Sumut itu sendiri memiliki kantor perwakilan di Jl. Jambu, Jakarta. Lebih lanjut M. Berutu menyampaikan bahwa Anjungan Sumut ini dipimpin oleh seorang Kepala Anjungan dan memiliki 6 pelatih tari dan ada juga koreografi. ujarnya.


"Di Anjungan Sumut ni dapat ditemui rumah adat 8 etnis yang ada di Sumatera Utara, yaitu Kabupaten Toba, Kabupaten Pakpak, Kabupaten Karo, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Melayu dan Nias. pungkasnya. (Lita JCD)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tanggal 20 April Hari Lahirnya Taman Mini Indonesia Indah Ke-49

Terkini

Iklan