Iklan

terkini

Dengan Dana Minim, Palangka Raya Gelar Perayaan Paskah Nasional 2024

Staff Redaksi GAPTA Cyber
4/25/24, 16:03 WIB Viewer Today Last Updated 2024-06-27T07:26:45Z

Palangka Raya|Gaptacyber.com - Kota Palangka Raya menjadi magnet tersendiri bagi para peserta Perayaan Paskah Nasional Tahun 2024. Menjadi Tuan Rumah untuk kegiatan berskala Nasional bukanlah hal yang mudah. Tapi dengan kebersamaan dan saling mendukung, kegiatan akan berjalan lancar.


Kegiatan akan dilaksanakan pada 25-26 April 2024 yang dipusatkan di jantung kota Palangka Raya. 


Seluruh perwakilan umat kristiani Indonesia dipastikan akan merayakan Paskah Nasional yang digelar di Palangka Raya tersebut. pada 25-26 April 2024. Meski terkendala kesiapan dana karena bantuan sangat minim dari pemerintah, panitia pelaksana Paskah Nasional tetap terus berjuang keras agar kegiatan bisa terlaksana dengan sukses, karena tidak ada yang tidak mungkin bagi Tuhan, demikian disampaikan Ketua Panitia Paskah Nasional Pdt. Dr. Maruba Rajagukguk, M.Th. Dia menyampaikan bahwa kesiapan pelaksanaan acara sudah mencapai 80 persen, Rabu (24/04/2024).


“Kita memang sangat memerlukan bantuan dana untuk bidang-bidang yang ada. Keterbatasan dana inilah yang sempat menjadi pergerakan kita lambat,” ungkap Pdt Dr Maruba.


Kendati demikian, ia merasa bersyukur karena mendapat bantuan konsumsi dan perlengkapan acara dari pemerintah Kalteng.


“Kami sangat apresiasi atas dukungan Rp10 ribu/jemaat Kristiani di Kalimantan Tengah untuk terselenggaranya acara paskah nasional, begitu juga dukungan FUKRI,” kata Pdt Dr Maruba.


 Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah juga hanya beberapa yang mendukung kegiatan ini. Lanjut Pdt Dr Maruba, "Hanya beberapa saja memberikan dukungan. Padahal sebelumnya panitia sudah langsung mendatangi masing-masing Pemkab."


Walau demikian, Pdt. Dr. Maruba tetap berharap pemerintah kabupaten/kota dapat membantu memfasilitasi umat Kristiani datang ke Palangka Raya meramaikan Paskah Nasional di kota Palangka Raya.


“Hanya beberapa kabupaten saja yang membantu Paskah Nasional, terkait dukungan Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, belum memberikan respon padahal Kota Palangka Raya menjadi tuan rumah di pergelaran akbar ini,” ujarnya.


Menurut Pdt Dr Maruba, Paskah Nasional sebelumnya akan dihadiri Presiden Joko Widodo, namun karena beliau berhalangan hadir kemudian didelagasikan ke Menteri Agama, namun karena beliau masih berada di Mekkah, maka didelagasikan mewakli ke Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen, Dr. Jeane Marie Tulung, dan direktur urusan agama kristen berserta jajaran.


“Kita optimis bahwa paskah nasional ini akan meriah dengan dihadiri oleh kurang lebih 16 ribu-20 ribu peserta dari berbagai provinsi di seluruh indonesia,” ucapnya.


Pdt Dr Maruba juga menyampikan rasa apresiasinya terhadap elemen masyarakat Kalteng mendukung terselenggaranya Paskah Nasional ini, serta pemikiran dan masukan dari ormas-ormas yang bersedia menurunkan pemuda untuk siap melakukan pengamanan dan meramaikan Paskah Nasional khususnya Karnaval dan Ibadah Paskah Sanaman Mantikei


“TNI (Danrem 102/Jpg dan semua jajaran, dan Kepolisian Kapolda Kalteng dan semua jajaran, Perhubungan, Satpol PP, PLN, PDAM, dan Instansi pemerintah lainnya yang ikut mendukung dan mensukseskan acara PASKAH Nasional 2024, kami sangat mengapresiasi,” tutur Pdt Dr Maruba.


“Kita sangat berterima kasih kepada Ketua FKUB Kalteng Prof. Dr H Bulkani, Kepala Kemenag Wilayah Kalteng Dr H. Noor Fahmi, M.M. dan ormas lainnya yang sudah ambil bagian mendukung penuh terlaksananya Paskah Nasional 2024 di Palangka Raya ini. Kita berharap Perayaan Paskah Nasional di Palangka Raya, nantinya dapat berjalan sukses, dan meninggalkan kesan yang baik bagi seluruh umat Kristiani Indonesia yang hadir dalam acara ini,” tandasnya. (D.B.A. Mandolo)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dengan Dana Minim, Palangka Raya Gelar Perayaan Paskah Nasional 2024

Terkini

Iklan