Iklan

terkini

Kawah Ratu Masih Menjadi Destinasi Wisata Alam Favorit Di Kaki Gunung Salak Bogor

Staff Redaksi GAPTA Cyber
12/15/23, 06:50 WIB Viewer Today Last Updated 2023-12-14T23:50:07Z

Bogor, Gaptacyber.com - Destinasi Wisata Kawah Ratu adalah Kawah Ratu yang berada di Gunung Salak. Lokasinya berada di kaki Gunung Salak yang berada di sisi lereng selatan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawah ini sudah sering dijadikan tujuan hiking atau pendakian, sebagai suatu fenomena alam yang menarik, Selain menjadi destinasi wisata keluarga dan juga wisata alam, ternyata kawah ratu memiliki beberapa fakta menarik diantaranya, yaitu :


- Kawah Ratu awalnya terbentuk dari erupsi freatik yang sering terjadi di Gunung Salak dari 1938. Hingga saat ini, Gunung Salak masih dalam status aktif namun masih aman untuk didaki. Kawah Ratu merupakan kawah terluas sekaligus kawah termuda yang ada di Gunung Salak. Di sekitar kawah terdapat sungai yang indah sepanjang 1 kilometer dan airnya berwarna hijau.


- Vegetasi tumbuhan yang ada di lokasi wisata Kawah Ratu cukup unik. Di sebelah bawah, kita bisa menikmati gugusan pohon Damar (Agathis dammara) dengan batang yang lurus, berdaun menyerupai jarum. Tanah dibawah tegakan pohon ini relatif bersih dari vegetasi bawah. Pada bagian hutan bervegetasi homogen ini, masih dijumpai beberapa satwa liar seperti monyet ekor panjang (Macaca fasicularis), jelarang (Ratufa bicolor), jenis-jenis musang, burung dan lainnya.

- Pada bagian atas menuju jalur hiking ke Kawah Ratu, kamu akan menemukan suasana hutan belukar alami khas pegunungan tropis. Dalam kawasan bervegetasi hutan hujan tropis di bagian atas menuju jalur pendakian, kamu bisa untuk melihat surili (Presbytis comata), monyet ekor panjang, Owa Jawa (Hylobates moloch), lutung (Trachypithecus auratus), hingga macan tutul atau macan kumbang (Panthera pardus melas).


- Ada 3 rute resmi untuk sampai ke Kawah Ratu, yakni melalui jalur Bumi Perkemahan Cengkuang, Bumi Perkemahan Gunung Bunder, dan Pasir Reungit. Jalur Bumi Perkemahan Cengkuang berjarak 4,5 km dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam. Jalur Bumi Perkemahan Gunung Bunder memakan waktu perjalanan kurang lebih 3-4 jam. Sedangkan jalur Pasir Reungit memakan waktu tempuh paling pendek, yakni sekitar 2-3 jam. 


Menikmati pemandangan alam. Suasana kawah yang berasap dan pemandangan sekitar yang menyejukkan mata bisa menjadi salah satu pelepas penatmu setelah berjalan jauh. Berendam di air belerang. Kandungan belerang pada air di sungai dapat membantu kulit lebih cerah. Tidak ada salahnya berendam dalam air belerang di sini.

Untuk yang akan naik ke puncak kawah ratu ada baiknya membawa perbekalan secukupnya agar tidak lapar dan haus di jalan, kamu bisa membelinya terlebih dahulu air mineral, mie instan dan makanan ringan di "Sawung Abah Ujang Ojos" yang terletak Basecamp 1 ( di bawah ) sebelum memasuki rute perkemahan gunung bunder. (Topan JP)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kawah Ratu Masih Menjadi Destinasi Wisata Alam Favorit Di Kaki Gunung Salak Bogor

Terkini

Iklan