Iklan

terkini

GEGER! Dengan Menggunakan Kelapa Anggota TNI Kodim 0730 Gunungkidul Dapat Menemukan Mata Air

Staff Redaksi GAPTA Cyber
11/03/23, 11:39 WIB Viewer Today Last Updated 2023-11-03T04:39:08Z

GUNUNGKIDUL, GAPATCYBER.com - Dengan menggunakan kelapa Anggota TNI Kodim 0730 Gunungkidul dapat menemukan mata air.


Sumber mata air merupakan kekayaan alam yang sangat berharga bagi kehidupan manusia, makhluk hidup serta tumbuhan tidak mungkin dapat hidup tanpa air, sehingga dalam keseharian sumber mata air merupakan unsur penting dalam kehidupan. Tanpa tanpa perantara untuk menemukan sumber mata air yang jelas, manusia tidak dapat menemukan air yang jernih untuk digunakan dalam kehidupan sehari hari.


Namun di zaman yang telah serba modern ini ternyata masih ada yang menggunakan cara kuno dalam menentukan sumber mata air.


Seperti Serda TNI Purwanto anggota Kodim 0730 Gunungkidul Yogyakarta, saat ditemui Kamis, (02/11/2023) di dusun Mertelu, Desa Mertelu Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Dengan menggunakan sebutir kelapa yang telah dikupas.“Dengan cara ini saya lakukan untuk mencari sumber mata air dengan kelapa,” ucapnya.


Menurutnya setelah kelapa tersebut ditaruh di lengan tangan dengan berjalan pelan pelan, saat itu kelapa menemukan titik sumber mata air yang akan dibor dan kelapa itu akan terjatuh.


“Kalau kelapa sudah terjatuh ke tanah bertanda di titik itulah ada sumber mata air yang siap dilakukan pengeboran,” ungkapnya.


Anggota Kodim 0730 Gunungkidul Mungkin, hal itu terlihat sangat mustahil dan jauh dari kata akurat.


“Sudah puluhan sumur bor di wilayah kabupaten gunungkidul didapatkan sumber mata air dari metode seperti ini,” jelas Purwanto.


Selain itu dia juga mengatakan, di tengah teknologi yang maju dan modern cara seperti ini bisa dipercaya atau tidak.  


“Kenyataanya puluhan sumur bor bisa terdeteksi lewat metode seperti ini dalam keteranganya yang didampingi, Carik Mertelu Heri P dan Kepala Dusun Mertelu Sukimin,” pungkasnya. ( TTK )

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • GEGER! Dengan Menggunakan Kelapa Anggota TNI Kodim 0730 Gunungkidul Dapat Menemukan Mata Air

Terkini

Iklan