Iklan

terkini

Bank Sampah Kenanga Kelola Sampah Rumah Tangga Warga, Hingga 3 Ton Per-Dua Minggu

Staff Redaksi GAPTA Cyber
11/22/23, 16:34 WIB Viewer Today Last Updated 2023-11-22T09:34:04Z


Jakarta, Gaptacyber.com - Seiring kerbatasan lahan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah maupun minimnya armada pengangkutan serta sumber daya manusia, dan karena itu warga Jl. H. Gandun Karang Tengah yang dimotori Tokoh masyarakat setempat H. Hermawan berserta istri Hj. Sri Natalia berinisiatif bersama sama warga mendirikan Bank Sampah yang terletak di RT 06/RW 08, Kel. Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan.


Keberadaan Bank Sampah Kenanga yang di dirikan sejak hampir 5 tahun lalu, saat ini sangat dirasakan sekali manfaatnya oleh masyarakat, warga tidak perlu jauh-jauh, dan tidak harus membayar bulanan untuk membuang sampah. Justru kami sangat terbantu dengan adanya bank sampah ini, dari kami untuk kami istilahnya, ucap warga.

H. Hermawan kepada Gaptacyber.com di sela sela kegiatan penimbangan sampah mengutarakan, Giat penimbangan ini kami laksanakan dua Minggu sekali setiap hari Rabu. Warga dengan suka rela mengantarkan sendiri sampah limbah rumah tangga ke bank sampah, sampah tersebut tentunya telah di pilah antara sampah organik dan non organik, setiap penimbangan bisa mencapai total 1 hingga 3 ton sampah warga kami kelola dan semua tercatat dengan jelas, uang dari hasil penjualan sampah itu kami kembalikan kembali kepada warga yang tercatat sebagai anggota bank sampah, dan tentunya sesuai dengan jumlah hasil timbangan sampah dari masing-masing anggota, jelas Hermawan.


Hermawan S.E., menambahkan dalam pengelolaan Bank Sampah Kenanga pihaknya juga berkolaborasi dan bersinergi dengan pihak kelurahan, kecamatan, serta suku dinas Lingkungan Hidup ( LH ), maupun pihak Swasta. Alhamdulillah sampai saat ini kami telah banyak mendapat beberapa penghargaan dari instansi terkait khususnya dalam bidang lingkunga hidup, imbuhnya.


Selain Bank Sampah Kenanga, saat ini Kami juga sedang mengembangkan UMKM mandiri dalam bidang prodak minuman sehat (Herbal) dari kebun tanaman obat yang kami budidayakan bersama para anggota Kelompok Tani Kenangan, pungkasnya. ( Topan JP )

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bank Sampah Kenanga Kelola Sampah Rumah Tangga Warga, Hingga 3 Ton Per-Dua Minggu

Terkini

Iklan