Iklan

terkini

Tanaman Kopi Yang Ditanam Bersama-sama Untuk Penahan Erosi, Ijinnya Belum Ke Pihak PTPN VIII

Staff Redaksi GAPTA Cyber
10/13/23, 18:33 WIB Viewer Today Last Updated 2023-10-13T11:33:15Z

Kab. BANDUNG, GAPTACYBER.com - Berdasarkan pesan suara yang di kirim pada hari Senin (10/10/2023) dari salah satu orang yang bisa dipertanggung jawabkan dan enggan di tulis namanya, pesan suara tersebut yang sebagian isinya ada dugaan Bumdes Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat Bermasalah pada tahun 2022.


Sebagai mana (JH) selaku ketua Bumdes Sukaluyu membenarkan bahwa Dana sebesar RP 96.000.000.,- (Sembilan Puluh Enam Juta Rupiah) di peruntukan untuk pertanian kopi, warung kantin dan GOR (Gedung Olah Raga).


Tetapi yang dikelola Bumdes Sukaluyu secara global berjumlah Rp 80.000.000,- (Delapan Puluh Juta Rupiah) untuk pengelolaan Bumdes dan yang sisanya Rp 16.000.000,- ( Enam Belas Juta Rupiah). Menjadi bahan pertanyaan karena yang Rp 80.000.000,- (Delapan Puluh Juta Rupiah) sudah di gunakan, adapun penggunaan untuk menanam kopi di lahan milik PTPN VIII kebun Pasirmalang blok padaringan.


Tetapi hanya ada 8 pohon kopi yang di garap Bumdes itupun tidak terlihat karena tertutup rimbun ilalang tidak terawat, padahal kebun kopi tersebut sebenarnya di kelola oleh seorang guru (Y) yang luasnya kurang lebih 4 hektar, milik (H) 2 hektar, dan (D) 5 Hektar, sumber dari isi sebagian rekaman yang di kirim Senin (10/10/2023).


Untuk dapat keterangan yang lebih jelas kami coba minta keterangan ke salah satu staf PTPN VIII yang enggan di ketahui identitasnya pada hari Selasa (11/10/2023) Via WhatsApp menerangkan, bahwa Kopi yang ditanam di blok Padaringan, Kebun Pasirmalang itu bukan milik Bumdes Sukaluyu, terangnya.


"Tetapi tanaman kopi yang di tanam tersebut penahan erosi yang dilakukan          bersama-sama, kalau mengenai ijin kerjasama masih dalam proses Pemdes Sukaluyu dan belum ijin ke- PTPN VIII," pungkas staf. Sampai berita ini tayang pihak lainnya belum bisa di temui guna di pinta keterangan. (AS-Tim/Red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tanaman Kopi Yang Ditanam Bersama-sama Untuk Penahan Erosi, Ijinnya Belum Ke Pihak PTPN VIII

Terkini

Iklan