Iklan

terkini

Bupati Taput Serahkan Bantuan Alsintan dan Akte Notaris Kepada Koptan se-Taput

Staff Redaksi GAPTA Cyber
8/18/23, 12:50 WIB Viewer Today Last Updated 2023-08-18T05:50:47Z

TAPUT, GAPTACYBER.com -  Bupati Tapanuli Utara (Taput) Dr. Drs. Nikson Nababan M.Si. serahkan 458 bantuan Alsintan dan Akte Notaris kepada 393 Kelompok Tani (Koptan) 15 Kecamatan se-Taput, Kamis (17/08/2023).


Untuk percepatan Pembangunan bidang Pertanian di Taput adalah meningkatkan pemanfaatan mekanisasi. ujar Nikson dalam arahannya 


Pemerintah memberikan bantuan Alsintan kepada Kelompok Tani untuk mendukung upaya tersebut. tambahnya.


Lebih lanjut di katakan: “Dalam rangka mewujudkan Visi Taput sebagai lumbung pangan, lumbung Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas serta Daerah tujuan Wisata, dimana Sektor Pertanian merupakan salah satu Sektor yang memberikan kontribusi besar sehingga sangat diperlukan ketersediaan Alat dan mesin pertanian,” katanya.


Setiap tahunnya APBD untuk pembelian alsintan selalu disediakan untuk membantu para Petani meningkatkan produksi pertaniannya menuju Swasembada Pangan. jelas Nikson.


Alat atau mesin pertanian dalam sistem budidaya tanaman sangat penting karena tuntutan perkembangan teknologi maupun gejala terjadinya kelangkaan SDM sebagai akibat pesatnya perkembangan di segala bidang, katanya.


Penerima manfaat adalah kelompok tani atau gabungan dan bekerja sama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha. urai Nikson.


“Manfaatkanlah alat dan mesin pertanian untuk kepentingan kelompok tani serta memelihara alat dan mesin pertanian agar beroperasi dengan baik." imbuhnya.


Alat dan mesin pertanian yang diterima merupakan keperluan semua kelompok, bukan milik ketua kelompok tani, silahkan berkoordinasi dengan aparat Desa dan petugas Penyuluh Pertanian apabila ada permasalahan dibidang pertanian,” 


Terkait pembuatan akte Notaris untuk Koptan, disebutkan Bupati Nikson sesuai dengan janji yang ia sampaikan. 


"Yang belum dapat tahun ini, sabar tahun depan masih ada waktu untuk mendapat alsintan dan Akte Notaris Koptan, karena Angaran Tahu 2024 masih saya dengan pak Wakil Bupati menandatangani," ungkap Nikson.


Nikson sampaikan harapan sasaran produksi yang ditargetkan dapat tercapai pelaksanaan Program Swasembada Pangan. pungkasnya.


Juga Nikson tegaskan agar Alsintan diberikan dimanfaatkan dengan sungguh-sungguh. tandasnya.


Alsintan yang diserahkan bersumber dari APBD T.A 2023 yang terdiri dari, 51 unit Hand Tractor, 25 unit Cultivator,25 unit Pemipil jagung, 52 unit Alat Tanam Jagung, 19 unit Pompa Air, dan 286  unit Hand Spayer. (Dep)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Taput Serahkan Bantuan Alsintan dan Akte Notaris Kepada Koptan se-Taput

Terkini

Iklan