Iklan

terkini

SPAM PDAM Mual Nauli Dirusak Oknum PPN Sibolga, Akibatkan Aliran Air Mati Total

Staff Redaksi GAPTA Cyber
7/30/23, 11:02 WIB Viewer Today Last Updated 2023-07-30T04:02:44Z

TAPANULI TENGAH I GAPTA CYBER.COM. Bendungan Sumber Air Minum (BSAM) atau Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Mual Nauli Asset Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara telah dirusak oleh beberapa orang.


PDAM merupakan salah satu unit usaha milik Daerah, yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum.


SPAM diselenggarakan untuk memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat untuk memenuhi hak rakyat atas air minum. SPAM merupakan satu kesatuan sarana dan prasarana penyediaan air minum. 


BSAM PDAM Mual Nauli Tapteng diduga dirusak oknum Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sibolga.


Perusakan disaksikan dan diceritakan pengawas PDAM Mual Nauli drh. Iskandar yang bertugas menjaga SPAM yang terletak di Desa Sipan Kecamatan Sarudik,Tapteng dan telah ditayangkan melalui Beny Journal INK pada Sabtu, 29 Juli 2023.


Lebih lanjut drh. Iskandar menuturkan: "Siang hari, saya ditelepon Direktur PDAM Mual Nauli Masril Rambe memberitahukan bahwa bendungan sumber air di Desa Sipan telah dirusak oleh beberapa orang" Ujarnya.


'Kalau dari video, saya lihat dari penjaga sumber air dan menganalisis bahwa pengerusakan ini dilakukan oleh oknum PPN Sibolga." Katanya.


"Kenapa hal itu saya katakan? karena mereka menggunakan topi dengan lambang Kementerian Perikanan" Jelasnya.



Lebih lanjut diungkapkan: "Adapun objek yang dirusak adalah pintu air, pipa penyaluran yang dipotong sepanjang 20 meter dan pintu air yang sudah dirusak kemudian dibawa oleh beberapa orang tersebut" Ungkapnya.


Hal yang sama dikatakan Sitta M. Pardede Penjaga sumber air , "Awalnya mereka datang minta izin kepada saya untuk merehab. Tetapi saya lihat kok, malah merusak dan saya meyakini bahwa mereka memang dari pihak PPN Sibolga sebab ada yang saya kenal dari mereka" Jelasnya.


Saya sempat bertanya, mengapa sampai dirusak dan tidak koordinasi dulu dengan Direktur PDAM Mual Nauli ?


Mereka menjawab: "Bendungan ini adalah hasil Rehab kami dan jika ada yang keberatan atas pengerusakan ini silahkan datang ke Kantor kami" kata Sitta Pardede menirukan perkataan pihak PPN Sibolga.


Kabid Hubungan Langganan W. Manalu mewakili Direktur PDAM Mual Nauli menjawab pertanyaan dari awak Media mengatakan: "PDAM Mual Nauli telah membuat laporan ke Polres Tapanuli Tengah dan kita tunggu proses selanjutnya" Katanya melalui via selular, Sabtu (29/7/2023) sekira pukul 22.00 WIB.


"Akibat dari pengerusakan BSAM milik PDAM Mual Nauli, air kepada pelanggan dibeberapa titik menjadi mati total" Ucapnya.


"Kalau jumlah total kerugian, belum dapat akumulasikan. Namun secara inmateril, banyak masyarakat mengalami air mati total seperti Jl. AR. Surbakti, Desa Sipan sampai wilayah Sarudik dan belum diketahui pasti kapan air dapat didistribusikan secara normal kembali kepada masyarakat" Imbuhnya.


"Hal tersebut tentunya menimbulkan kesusahan bagi banyak orang" Pungkasnya.


Sampai berita ini diterbitkan, pihak PPN Sibolga belum dikonfirmasi terkait hal tersebut. (Rossy)
 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • SPAM PDAM Mual Nauli Dirusak Oknum PPN Sibolga, Akibatkan Aliran Air Mati Total

Terkini

Iklan