Iklan

terkini

Pelatihan Dai Lingkungan : Saatnya Cetak 3 Peranan Program Kampung Iklim KLHK

Staff Redaksi GAPTA Cyber
6/15/23, 20:28 WIB Viewer Today Last Updated 2023-06-26T07:13:11Z

YOGYA I MEDIA-GAPTA CYBER - Program Kampung Iklim (Proklim) sebagai aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di tingkat tapak berbasis partisipasi masyarakat. Selain itu, ketokohan lokal menjadi faktor penentu keberlanjutan Proklim. Untuk itu, pemberdayaan masyarakat dan tokoh-tokoh lokal perlu diupayakan melalui berbagai cara.

Salah satunya dengan Pelatihan Da'i Proklim sebagai rintisan Sekolah Da'i Lingkungan. Sejalan dengan Proklim, Pelatihan Da'i Lingkungan dilaksanakan dengan tujuan membentuk kader da'i yang memiliki jiwa sadar lingkungan serta menciptakan 3 (tiga) peranan Proklim.

Pelatihan Da'i Proklim yang di gelar oleh DPW LDII DIY bersama Fakultas Kehutanan UGM, MUI DIY, P3 Ekoregion Jawa KLHK dan Kanwil Kemenag DIY terselenggara pada Sabtu (10/6/2023), bertempat di Masjid Al-Huda Sangurejo, Wonokerto, Turi, Sleman. Pelatihan dilaksanakan secara hybrid dengan jumlah peserta 34 luring dan kurang lebih 450 online. Salah satu sesi materi yang disampaikan dalam sesi Pelatihan Da'i Lingkungan adalah materi program Kampung Iklim KLHK. Materi disampaikan langsung oleh Ari Yuwono, S. Hut., M. Sc dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Jawa.

Dijelaskan Ari, terdapat tiga komponen program iklim.

 -aksi mitigasi perubahan iklim

- aksi adaptasi perubahan iklim

- komponen kelembagaan

Program ini berbasis dari partisipasi dan inisiasi masyarakat "terangnya. Selain itu, Darmo, S. Hut., MT juga dari P3E Jawa mengajak para peserta untuk menciptakan 3 peranan dalam Proklim, diantaranya menjadi suri tauladan dalam mengelola lingkungan, menjadi pembina masyarakat dalam mengelola lingkungan sekaligus menjadi pengawas. ( H. Rosyid )

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pelatihan Dai Lingkungan : Saatnya Cetak 3 Peranan Program Kampung Iklim KLHK

Terkini

Iklan